Rabu, 01 Mei 2013

Aplikasi PLC Sebagai System Gerak Otomatis Pintu Garansi Mobil


Aplikasi PLC Sebagai System Gerak Otomatis Pintu Garansi Mobil

Salam sejahtera dari saya bagi pembaca. seperti artikel-artikel sebelumnya kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi PLC sebagai sistem gerak otomatis pintu garansi mobil. definisi secara garis besarnya akan saya jelaskan melalaui tabel di bawah.

Tabel Pengalamatan Input dan Output
Diagram Ladder :



Prinsip Kerja :           

  • Bahwa sebelum sesuatu dimulai. Terlebih dahulu diaktifkan Output (power on) hal ini ditandai dengan bekerjanya kontak X0 sehingga coil RO energized, sehingga semua kontak RO menutup (karena RO merupakan kontak Normally Open). Pada saat infra merah mendeteksi adanya mobil maka pada saat itu berarti kontak X1 bekerja (X1 merupakan kontak Normally Open), kontak RO bekerja, dan X3 yang juga merupakan kotak Normally Close mengakibatkan Y1 bekerja atau dengan kata lain motor membuka pintu garasi.
  • Karena coil Y1 energized maka kontak Y1 closed, sehingga Y2 bekerja yakni bekerjanya alarm selama motor up bekerja membuka pintu garasi. Ketika pintu menyentuh saklar up, maka kontak (X3 merupakan kontak normally close), sehingga motor akan berhenti membuka pintu (ditandai dengan deenergized-nya coil Y1, karena rangkaian terputus). Bersamaan dengan itu kontak Y1 open kembali dan berhenti berbunyi.
  • Ketika mobil masuk dan terdeteksi oleh photo sensor maka berdasarkan tabel. maka kontak X2 bekerja sehingga rangkaian dalam urutan ketiga ini mengakibatkan YO energized dalam arti bahwa motor down bekerja untuk menutup pintu garasi. Bakerjanya coil YO mengakibatkan tertutupnya kontak YO sehingga kembali Y2 bekerja yakni alarm kembali berbunyi sebagai tanda bahwa pintu garasi dalam proses menutup. Ketika pintu menyentuh saklar down, maka X4 bekerja atau membuka dan memutus rangkaian sehingga YO deenergized. Jadi motor berhenti menutup pintu garasi dan bersamaan dengan itu maka alarm berhenti berbunyi dengan terbukanya kembali kontak YO.
Sekian Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar